AN Dilaksanakan Secara Daring, Ini Solusi Bagi Sekolah yang Tak Punya Komputer

Rabu, 27 Januari 2021 | 12:42 WIB Last Updated 2021-01-28T00:43:56Z


Kabarpendidikan.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menggelar Asesmen Nasional (AN) pada September mendatang secara daring. Adapun, penyelenggaraan AN akan berlangsung selama dua hari.

 

Kepala Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud Asrijanty mengatakan, ujian AN ini akan dilakukan secara daring atau melalui komputer. Berbeda dengan Ujian Nasional (UN) yang sifatnya semi online, karena ada yang masih menggunakan kertas.

 

“Asesmen Nasional ini memang menggunakan komputer ya. Jadi ini memang berbeda dengan Ujian Nasional Ujian Nasional,” ucapnya dalam diskusi daring Kupas tuntas AN, Selasa (26/1).

 

Ia juga menyadari bahwa beberapa wilayah di Indonesia, infrastrukturnya belum memadai. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk pemetaan sekolah-sekolah tersebut. Agar seluruh peserta di satuan pendidikan dapat menjalankan AN tanpa kendala.

 

“Jadi nanti mungkin ada usaha-usaha koordinasi yang akan dilakukan oleh dinas pendidikan setempat dan bekerjasama dengan kantor Kemenag, bekerjasama dengan Kemendikbud untuk mengatasi bagaimana ini bisa dilakukan (AN),” ujarnya.

 

Sementara bagi sekolah yang tidak memiliki komputer, akan mengerjakan di sekolah lain yang memiliki fasilitas ini. Langkah ini dilakukan, mengingat tidak semua sekolah memiliki fasilitas komputer yang memadai.

 

“Jadi nanti untuk sekolah yang tidak mempunyai misalnya komputer, itu nanti akan diatur untuk mengikuti atau untuk melaksanakan AN itu di sekolah lain. Jadi itu salah satu solusinya,” pungkas Asrijanty. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • AN Dilaksanakan Secara Daring, Ini Solusi Bagi Sekolah yang Tak Punya Komputer

Trending Now

Iklan

iklan