Tips dan Trik Produktif dimasa Pandemi

Kamis, 31 Desember 2020 | 12:49 WIB Last Updated 2021-01-05T03:53:56Z


Kabarpendidikan.id
Seperti yang kita ketahui, di tahun 2020 ini mewabah sebuah virus di seluruh penjuru negeri. Walaupun keadaan sedang tidak baik, semua serba dibatasi, tetapi kita harus tetap semangat dalam melakukan hal-hal postif yang produktif. Jangan sampai wabah ini menurunkan semangat kita dalam pendidikan. Adapun beberapa cara atau tips yang bisa kita lakukan selama #dirumahaja adalah sebagai berikut :

 

1) Belajar online melewati berbagai platform

Walaupun saat ini, keadaan tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, namun banyak alternatif lain yang dapat digunakan untuk belajar di rumah saja. Banyak sekali Aplikasi atau media sosial yang bisa kita gunakan untuk belajar secara daring seperti melalui Zoom, Zenius, Google meet, Ruang guru dan lain sebagainya. Maka dari itu, jangan biarkan keadaan yang terbatas saat ini membatasi kita untuk tetap belajar.

 

2) Menerapkan Protokol Kesehatan

Meskipun saat ini social distancing dan physical distancing sedang diterapkan, jangan lupa untuk menggunakan masker jika ingin bepergian. Tidak hanya itu, disarankan pula untuk membawa handsanitizer, untuk melindungi kita dari berbagai virus yang bertebaran. Selain itu, diharapkan ketika bepergian membawa kebutuhan pribadi seperti botol minum sendiri, untuk mengurangi resiko penularan virus corona.

 

3) Minum Air Mineral Secara Teratur

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh memang tidak menjamin melindungi diri kita dari virus corona saat ini, tetapi hal ini penting untuk kesehatan dan kesejahteraan dalam jangka panjang. Hal ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh untuk tetap sehat.

 

4) Meningkatkan Literasi dengan Membaca Buku

Dimasa pandemi seperti ini yang menyebabkan kita memiliki banyak waktu luang, kita dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk membaca buku. Banyak sekali manfaat dari membaca buku ini, salah satunya dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi dan juga mengurangi stres. Saat ini, membaca buku tidak harus dengan dating ke Perpustakaan. Karena banyak perpustakaan kota bahkan Nasional yang menyediakan layanan pinjam buku secara online.

 

5) Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Aktivitas ini dapat juga menjadi hiburan bagi yang melakukannya. Namun, di masa pandemi ini masyarakat yang biasanya berolahraga bersama dapat menjalaninya secara terbatas. Tetap berolahraga di rumah adalah cara terbaik untuk sehat dan tidak terpapar COVID-19.

 

6) Tidur atau istirahat pada waktu yang tepat  

Bagi sebagian orang, WFH yang terlalu lama membuat dirinya sulit mengatur pola tidur. Salah satu praktik waktu tidur yang tepat adalah menghabiskan waktu tidur yang cukup di tempat tidur, durasi tidur tidak terlalu sedikit atau tidak berlebihan. Misalnya tidur siang selama 30 menit. Waktu tidur siang bukan untuk menebus tidur malam yang tidak memadai. Namun, tidur sebentar selama 20-30 menit dapat membantu meningkatkan suasana hati, fokus, dan kinerja.

 

7) Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Menjaga pola makan sehat bergizi dan seimbang adalah bagian penting untuk mendukung sistem daya tahan tubuh. Untuk itu, selama masih memungkinkan untuk membeli dan mengonsumsi makanan sehat, Anda disarankan untuk melakukannya.

 

(Mohamad Reza Septiansyah/Mahasiswa Manajemen FEB UHAMKA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tips dan Trik Produktif dimasa Pandemi

Trending Now

Iklan

iklan