Platform Kedaireka Dukung Kolaborasi Kampus dan Dunia Industri

Selasa, 15 Desember 2020 | 11:24 WIB Last Updated 2020-12-15T11:29:53Z


Kabarpendidikan.id
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus berupaya memperkuat kolaborasi antara perguruan tinggi atau kampus dan industri. Demi menyukseskan tujuan tersebut, Kemdikbud membangun sebuah platform bernama Kedaireka.


Kedaireka merupakan salah satu upaya Pemerintah RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk meningkatkan kolaborasi perguruan tinggi dan industri serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang unggul.


Kedaireka merupakan wadah berkumpulnya aspek/unsur dalam penta helix yang akan berkolaborasi dan sinergis untuk memajukan bangsa Indonesia.


Kedaireka dibangun sebagai implementasi dari kontribusi visi kampus merdeka yang memberikan manfaat dan kesejahteraan masyarakat melalui karya cipta anak negeri dalam semangat membangun kemandirian bangsa.


Kedaireka dapat diartikan sebagai usaha dan reka cipta serta dapat diartikan pula sebagai Kedaulatan Indonesia dalam Reka Cipta.


"Kedaireka merupakan visi dari Kampus Merdeka yang merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel," ujar Nadiem melalui keterangan tertulis, Senin (14/12/2020).


Menurut Nadiem, dapat menjadi pusat riset dan pengembangan bagi industri untuk mengembangkan teknologi baru. Sebelumnya, Nadiem telah meluncurkan episode kebijakan keenam pendidikan Merdeka Belajar. Pada episode keenam Merdeka Belajar ini, Nadiem meluncurkan kebijakan mengenai perubahan pada pendanaan perguruan tinggi.


Terdapat tiga program transformasi pendanaan yang diluncurkan oleh Kemendikbud melalui kebijakan ini. Pertama, insentif berdasarkan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kedua, untuk mengakselerasi perguruan tinggi dan industri maka diluncurkan pendanaan matching fund.


Ketiga, competitive fund untuk mendorong perguruan tinggi melakukan transformasi baik kurikulum dan pembelajaran yang berfokus pada sumber daya manusia yang unggul. (FHA)



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Platform Kedaireka Dukung Kolaborasi Kampus dan Dunia Industri

Trending Now

Iklan

iklan