Mengatasi Banjir yang Tidak Kunjung Surut

Kamis, 31 Desember 2020 | 10:38 WIB Last Updated 2021-01-05T04:03:16Z


Kabarpendidikan.id
 Indonesia sejak saat dulu kala hingga sekarang, tak henti-hentinya kita mendengar kata “Banjir”. Sejak awal tahun 2020 banjir sudah melanda di penjuru Indonesia, pada saat itu termasuk DKI Jakarta. Tentunya hal tersebut membuat resah seluruh masyarakat karena banjir menyebabkan para penghuni yang minim ekonomi menjadi sangat terpuruk dan juga bermacam kegiatan menjadi sangat terganggu seperti macetnya kendaraan, tetapi untungnya dipandemi Covid-19 mahasiswa dan pelajar melakukan kegiatan belajar di rumah sehingga mereka tak pusing memikirkan untuk pergi ke kekampus maupun sekolah mereka masing-masing pada banjir saat ini, dan juga banyak orang tidak bisa melintasi suatu jalan dengan kata “Sempurna”.

 

Banjir menyebabkan masyarakat pada umumnya yang tidak mengerti aturan seakan menyalahkan bahwa banjir disebabkan oleh Pemerintah dan menyalahkan Presiden. pertanyaannya, kenapa mereka menyalahkan kedua pihak tersebut? apakah mereka yang telah membuat banjir melanda di seluruh penjuru termasuk DKI Jakarta?, jawabannya yaitu “Tidak” jadi penyebabnya adalah masyarakat itu sendiri, yang tidak pernah menjaga kebersihan. Sering kali kita jumpai banyak orang membuang sampah sembarangan, itulah salah satu penyebab terjadinya banjir yang sesungguhnya pada saat ini.

 

Saat ini memang sudah banyak cara yang telat masyarakat lakukan agar banjir tidak terjadi. Tetapi terlalu banyak konflik perpecahan, saat ingin melakukan usulan suatu ide untuk meringankan banjir di DKI Jakarta. Saya sendiri memikirkan  betul bahwa cara meringatkan banjir yaitu sangat jelas sekali kurangilah penggunaan sampah plastik, sampah plastik tidak lah mudah untuk diuraikan dan juga banyak orang dengan asal mereka membuang sampah sembarangan, padahal mereka tahu bahwa membuang sampah sembarangan akan menyebabkan banjir. Inti dari semua ini hanyalah perlu dari kesadaran diri kita sendiri, bahwa harus betul-betul peduli terhadap lingkungan, dan juga jangan pernah mementingkan ego sendiri.

(Dwi Nurcahya Ningrum / Mahasiswa Manajemen FEB Uhamka)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengatasi Banjir yang Tidak Kunjung Surut

Trending Now

Iklan

iklan