Mendikbud; Orang Tua Haruslah Berperan dalam Pendidikan Karakter Selama PJJ

Minggu, 13 Desember 2020 | 12:23 WIB Last Updated 2021-01-07T05:56:24Z


Kabarpendidikan.id
Dalam upaya menyiapkan SDM unggul, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) menggelar Pekan untuk Sahabat Karakter 2020 (PUSAKA).

 

Pada saat Malam Apresiasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan dalam masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti saat ini orang tua sangat berperan dalam pendidikan karakter anak. "Kita melihat di situasi sangat sulit ini peran orang tua menjadi luar biasa penting," kata Nadiem. (12/12/2020)

 

Nadiem mengatakan bahwa saat yang paling berpotensi untuk mengajarkan pendidikan karakter kepada anak adalah di situasi seperti saat pandemi Covid-19 ini di mana anak secara mandiri harus menerapkan disiplin pada era PJJ.

 

Pria yang akrab disapa Mas Menteri itu memberi contoh disiplin mandiri adalah bagaimana anak harus mengatur dirinya dalam membagi waktu dan melaksanakan tugasnya sebagai pelajar saat terdapat banyak distraksi ketika belajar di rumah.


Peran orang tua adalah menjadi pembimbing utama dalam pendidikan karakter selama PJJ, dibantu dengan guru-guru yang bisa memberikan parameter struktur rutinitas yang sangat baik.

 

Menurut Nadiem, pendidikan karakter memiliki potensi yang luar biasa dalam situasi menantang seperti saat ini. Meski anak-anak tidak dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka untuk belajar karakter dari teman sebaya. "Tapi di sinilah peran orang tua harus maju menjadi pendidik utama di bidang karakter," demikian ujar Nadiem.

 

Malam Apresiasi Cerdas Berkarakter 2020 adalah bagian dari rangkaian acara Pekan Untuk Sahabat Karakter (PUSAKA) 2020. Di acara itu Puspeka Kemendikbud memberikan penghargaan kepada individu dan Dinas Pendidikan yang dianggap berhasil dalam mendukung terbentuknya generasi cerdas berkarakter. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mendikbud; Orang Tua Haruslah Berperan dalam Pendidikan Karakter Selama PJJ

Trending Now

Iklan

iklan