Lembaga Pendidikan Harus Memperkuat Ideologi Pancasila Bagi Siswa dan Santrinya

Sabtu, 19 Desember 2020 | 13:29 WIB Last Updated 2020-12-19T06:33:44Z


Kabarpendidikan.id
 Jumlah lembaga pendidikan umum dan pondok pesantren di Indonesia kini telah menyentuh angka puluhan ribu lembaga. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo, saat memberikan sambutan dalam Muktamar ke IX PPP yaang disampaikan via akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (18/12/2020).


Jokowi menghimbau kedua lembaga pendidikan ini untuk saling bekerja sama dengan tujuan agar semakin menguatnya nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi bagi para siswa dan santri.


"Lembaga pendidikan umum maupun pesantren yang tersebar di seluruh Tanah Air, data yang saya miliki ada 28.000 pondok pesantren. Kita harus saling berbagi, saling bekerja sama, untuk memperkokoh fondasi Pancasila di kalangan siswa dan santri," ujar Jokowi saat memberikan sambutan dalam Muktamar ke IX PPP yang disaksikan dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (18/12/2020).


Jokowi melanjutkan dalam upaya meningkatkan mutu kualitas para pelajar dan santri, Jokowi menekankan bahwa pelajar dan santri telah memiliki karakter keindonesian yang tangguh dan kuat.


"Untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan keterampilan agar siswa dan santri kita memiliki karakter keindonesiaan yang kuat," kata dia.


Jokowi juga turut mengajak seluruh pihak untuk memanfaatkan kemajuan infrastruktur fisik maupun digital, guna mendukung komunikasi antarumat beragama.


Dengan demikian Jokowi meyakini, kerukunan bisa terwujud dalam toleransi perbedaan dan akan memperkokoh persatuan dalam keberagaman.


Menurut Jokowi, pemanfaatan infrastruktur untuk hal-hal yang positif harus diaktifkan agar ruang itu tidak diisi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


“Kita harus aktif mengisi pemberitaan di medsos dengan keteduhan, dengan kesejukan, dan kita juga harus mengklarifikasi berita-berita yang tidak benar, berita hoaks, dan menutup banyaknya ujaran kebencian untuk kita saling menghormati dan menghargai sesama anak bangsa, saudara sebangsa dan se-Tanah Air,” ucap Jokowi.“ pungkas dia. (LBM)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lembaga Pendidikan Harus Memperkuat Ideologi Pancasila Bagi Siswa dan Santrinya

Trending Now

Iklan

iklan