Jelang dimulainya PTM, KPAI Meminta Guru Untuk Tidak Bebani Siswa Tugas Harian

Selasa, 01 Desember 2020 | 14:18 WIB Last Updated 2020-12-01T10:23:49Z


Kabarpendidikan.id
Rencana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan dimulai pada Januari 2021. Komisioner bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti meminta guru di sekolah yang akan menggelar PTM tidak memberikan tugas kepada siswa.


"Sebaiknya tidak memberikan tugas lagi di sekolah. Di sekolah itu baiknya benar-benar memaksimalkan interaksi antara guru dengan murid," kata Retno dalam Rakornas Pembukaan Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 KPAI yng digelar secara virtual, Senin, 30 November 2020.


Sekolah pun tidak perlu lagi menggunakan kurikulum nasional. Sekolah diminta tetap menjalankan kurikulum darurat yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk masa pandemi.


Retno memahami memang masih ada keraguan sekolah dalam penggunaan kurikulum darurat, utamanya terkait standar kelulusan. Untuk itu, ia meminta agar Kemendikbud melakukan revisi kembali standar kelulusan untuk kurikulum darurat.

 

"Standar isi diubah tapi standar penilaian dan kelulusan tidak berubah. Maka KPAI mendorong Kemendikbud mengubah itu. Sehingga guru enggak ragu, sekolah enggak ragu, daerah enggak ragu untuk menggunakan kurikulum dalam situasi darurat," pungkasnya. (FHA)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang dimulainya PTM, KPAI Meminta Guru Untuk Tidak Bebani Siswa Tugas Harian

Trending Now

Iklan

iklan