Online Learning Memudahkan Proses Perkuliahan di Masa Pandemi Covid-19

Rabu, 11 November 2020 | 17:35 WIB Last Updated 2020-11-17T16:07:35Z


Kabarpendidikan.id
 Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM adakan kegiatan Kuliah Pakar Program Visitor Profesor dengan tema Evaluasi Pembelajaran Era New Normal yang diselenggarakan secara daring. Walaupun sebenarnya kegiatan ini direncana awal secara tatap muka akan tetapi karena Pandemi Covid-19 menjadikan kegiatan ini menjadi daring dengan media Zoom Meeting (7/11).

 

Dalam kegiatan ini menghadirkan beberapa pakar yang memang ahli dibidangnya untuk memaparkan materi  yang akan disajikan, diantaranya Prof. Dr. Triyono dari Iniversitas Widya Dharma Klaten, Dr. H. Bulkani dari Universitas Muhammadiyah Palembang, dan Dr. Dede Hasanudin dari UHAMKA Jakarta.

 

Sebagai seorang pakar tentunya materi yang disajikan berhubungan dengan kepakaran dibidangnya, Dede Hasanudin memiliki kepakaran dibidang pendidikan pembalajaran Bahasa Indonesia tentunya Ia menjelaskan bagaimana pembelajaran di UHAMKA pada masa Pandemi Covid-19, sehingga hal ini mengakibatkan pembelajaran menjadi daring dengan berbagai aplikasi yang dimiliki oleh Uhamka.

 

Uhamka memiliki aplikasi yang diberi nama Online Learning Uhamka (OLU) guna untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran menjadi mudah tidak harus belajar bertatap muka dan hal ini juga sangat bermanfaat di masa pandemi Covid-19.

 

Dalam pemaparannya Dede Hasanudin menjelasakan bahwa “Pembelajaran sdaring yang dilakukan UHAMKA menggunakan OLU sangatlah bermanfaat karena memiliki banyak fitur. Hal ini bisa di atur oleh dosen itu sendiri, semisalnya dosen memberikan tugas diskusi dengan membuat kelompok kecil selama satu pekan. Hal ini mudah dan terpantau oleh kita sebagai Dosen,” ujarnya.

 

Selanjutnya, ia mejelaskan bahwa “ketika saya mengajar menggunakan olu. Olu ini memiliki fitur untuk menambahkan materi perkuliahan, presensi, jumlah pertemuan dalam satu smester, bahkan fitur diskusipun ada untuk memberikan kesempatan terhadap mahasiswa berdiskusi secara chating kepada kita (dosen)”

 

Dalam proses pembelajaran secara daring inipun tidak kalah dengan perkulihan secara tatap muka karena proses perkuliahan bisa saja dilakukan di kasur sembari berbaring dan dalam proses perkuliahan di Uhamka menggunakan OLU ada aplikasi membuat kelompok kecil sehingga mahasiswa dapat berdiskusi dan meneliti bersama kelompom kecilnya.

 

Dalam akhir pemaparannya, Dede Hasanudin menjelaskan bahawa “Ketika saya mengampu mata kuliah Psikolinguistik, Sosiolinguistik, dan Bahasa Indonesia. Saya buatkan kelompok kecil di aplikasi OLU tersbut agar mahasiswa dapat berdiskusi dan meneliti apa yang di fokuskan pada penelitiannya. Hal ini Alhamdulillah mahasiswa saya dapat menghasilkan penelitian  yang dapat diterbitkan walaupun perkuliahannya secara daring.” Ujarnya dalam pemaparannya. (LBM)

 

      

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Online Learning Memudahkan Proses Perkuliahan di Masa Pandemi Covid-19

Trending Now

Iklan

iklan