Nadiem Makarim; Pendidikan Harus Siap Ambil Resiko

Minggu, 29 November 2020 | 09:34 WIB Last Updated 2020-11-29T12:12:46Z


Kabarpendidikan.id
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengeluarkan isi hatinya yang resah karena banyak pihak yang tidak setuju akan perubahan besar untuk Pendidikan di Indonesia. 


Nadiem mengatakan untuk mencapai perubahan besar khususnya dalam mengejar skor Programme for International Student Assessment (Pisa) Indonesia masih tertinggal. Sebagai Mendikbud dirinya harus berani mengambil keputusan beresiko.


"Jadi ini lucu, seolah-olah pendidikan itu adalah satu sektor yang kita enggak boleh mengambil risiko, tapi kita sudah melihat hasil skor PISA, seberapa kita ketinggalan dari seluruh dunia," kata Nadiem instagram live, Jumat (27/11/2020).


Menurutnya, setiap keputusan pasti memiliki resiko, namun jika tak pernah dicoba maka sistem pendidikan akan terus jalan di tempat, resiko itu pun bisa diatasi jika cara penanganannya benar dan bisa dipertanggungjawabkan.


"Bagaimana kita bisa mengharap anak kita inovatif dan kreatif kalau sekolah kita tidak inovatif dan kreatif serta diperbolehkan mengambil resiko, jelaskan ke saya bagaimana caranya? sorry agak curhat tuh," ucap Nadiem menegaskan. (FHA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nadiem Makarim; Pendidikan Harus Siap Ambil Resiko

Trending Now

Iklan

iklan