Kuliah Secara Tatap Muka Segera Dimulai, Mendikbud; Dosen dan Mahasiswa Jangan Cemas

Sabtu, 28 November 2020 | 18:32 WIB Last Updated 2020-11-28T11:32:13Z


Karpendidikan.id
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memastikan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi juga dapat digelar kembali secara tatap muka.


Menurut Nadiem, teknis belajar kembali secara tatap muka di kampus segera ditetapkan dalam waktu dekat. "Tadi memang kita tidak membahas detilnya mengenai (pembelajaran) di perguruan tinggi. Tapi bisa saya umumkan bahwa perguruan tinggi pun akan ada perlakuan pembolehan sekolah (belajar) tatap muka," kata Nadiem dalam konferensi pers virtual Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 di masa Pandemi Covid-19, Jumat 20 November 2020.


Sama halnya dengan belajar di sekolah yang harus memperhatikan protokol kesehatan, Nadiem menegaskan hal yang sama juga berlaku untuk perkuliahan di kampus. Nadiem menyampaikan protokol kesehatan untuk perguruan tinggi akan diberikan dalam waktu dekat pula. Dia memperkirakan aturan pembukaan sekolah dengan pembukaan perguruan tinggi tidak akan jauh berbeda.


Nadiem meminta para dosen dan mahasiswa bersabar menunggu teknis aturan bagi perguruan tinggi. Ia menegaskan, kampus juga akan diperbolehkan untuk melakukan PTM.


Namun, kapan tepatnya kuliah tatap muka bisa dimulai, Nadiem belum menyebut waktunya. Dia hanya menyebut pada semester berikutnya. Hanya saja, teknis pelaksanaan protokol kesehatan dan daftar keperluan pendukung perkuliahan di kampus selama pandemi Covid-19 akan dipaparkan lebih detil kedepannya.


"Itu akan ditetapkan selanjutnya dalam waktu dekat oleh Dirjen Dikti.  Kami mohon perguruan tinggi menunggu detailnya dari Dirjen Dikti," ungkap Nadiem.


"Jadi para dosen dan rekan-rekan mahasiswa jangan cemas. Teknis pelaksanaan tatap muka di semester berikutnya sedang disiapkan," tambah Nadiem. (FHA)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kuliah Secara Tatap Muka Segera Dimulai, Mendikbud; Dosen dan Mahasiswa Jangan Cemas

Trending Now

Iklan

iklan